Berita dan Informasi Terkini

Senin, 11 Maret 2019

Lebih Untung Mana Jual Tanah Sendiri atau Lewat Agent?



Memiliki tanah yang semula ingin dijadikan tabungan kemudian ingin menjualnya tentu saja bukan menjadi persoalan. Sebab jika ingin menjualnya tentu karena ada sebuah kebutuhan. Akan tetapi dikala sudah memiliki kebutuhan kemudian berkeinginan untuk menjual ternyata sama sekali tidak mudah. Alasannya adalah menjual tanah memiliki tingkat kesulitan tinggi tidak seperti menjual makanan ataupun pakaian. Apabila menjual makanan hanya membutuhkan waktu kurang dari sehari saja, akan tetapi jika menjual tanah sendiri durasi yang diperlukan hingga tanah tersebut laku terjual bisa mencapai tahunan. Oleh karenanya tidak jarang orang harus memutar otak untuk menemukan cara agar tanah yang dimiliki bisa cepat terjual.

Apabila ingin jual tanah pribadi biasanya ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan serta diambil. Tanah atas nama pribadi sebenarnya bisa dijual dengan mudah. Hanya memang untuk durasi hingga terjual membutuhkan proses. Ada beberapa orang yang jauh lebih memilih untuk menjualnya sendiri namun tidak sedikit pula yang menggunakan jasa agen agar tanah yang dimilikinya lebih cepat laku terjual. Akan tetapi sebenarnya diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang menjadi bahan pertimbangan untuk memilih menjual sendiri atau ingin menggunakan agen. Oleh karenanya, memeng boleh dikatakan bahwa memilih diantara kedua cara itu tidak semudah membuat keputusan. Sebab ada beberapa sisi yang perlu dipertimbangkan dengan matang agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Apabila ingin menjual melalui agen properti ada beberapa keuntungan yang bisa diambil oleh pemilik tanah. Keuntungan yang diperoleh ketika memilih untuk menggunakan agen adalah tanah yang akan dijual lebih cepat laku. Tentu saja bagi yang ingin terburu-buru agar tanah miliknya cepat laku maka pilihannya adalah menjualnya dengan bantuan agen property. Sebab agen biasanya memiliki trik jitu atau jurus jitu agar bisa memikat pembeli agar berminat untuk membelli tanah milik anda. Jurus-jurus yang dipakai biasanya terbukti ampuh. Selain itu juga memiliki koneksi yang cukup banyak untuk memudahkan tanah yang dititipkan terjual dengan lebih cepat.

Keuntungan berikutnya saat menggunakan agen properti adalah bagi pemilik tanah lebih hemat tenaga, pikiran dan waktu saat ingin menawarkannya pada orang lain. Sebab pemilik tanah hanya tinggal menerima kabar bahwa tanah yang dijualnya sudah laku dan sudah memiliki pembeli. Apabila menjualnya sendiri kerugiannya memang membutuhkan banyak waktu dan tenaga akan terbuang begitu saja untuk menjual tanah. Perbedaan inilah yang membuat para pemilik lahan lebih memilih untuk menggunakan agen property untuk menjual tanah miliknya. Agen properti akan menangani semuanya dengan baik. Sehingga anda hanya tinggal duduk dan diam sambil menunggu properti yang anda miliki laku terjual dan uang sampai di rekening tabungan anda.

Kerugian menggunakan jasa agen property diantaranya adalah pemilik lahan harus meluangkan sedikit dana yang dimilikinya untuk membayar komisi agen. Tentu saja menggunakan jasa agen property profesional tidak gratis. Pemilik lahan akan dimintai komisi sejumlah dana tertentu sesuai dengan nilai transaksi tanah yang berhasil dijual oleh pemilik properti. Hal ini merupakan suatu yang wajar untuk membayar jasa yang diberikannya supaya tanah cepat laku dengan usaha yang dilakukan oleh agen property profesional dibidangnya. Meskipun ada dana tambahan yang harus diluangkan untuk agen property, namun efektivitas dari penjualan tanah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menjualnya sendiri.

Kelemahan berikutnya saat menggunakan agen property adalah adanya resiko tertipu. Memang hal ini tidak berlaku secara keseluruhan. Sebab banyak juga agen property yang melakukan tugasnya dengan baik. Penipuan agen property biasanya akan terjadi pada agen property yang tidak profesional. Modusnya adalah meminjam sertifikat asli dengan dalih untuk mempermudah proses jual beli. Akan tetapi justru sertifikat tersebut disalah gunakan untuk kepentingan pribadi. Memang tidak semuanya akan mengalami hal itu. Bagi yang tidak mudah percaya pada orang lain hal ini cukup mempengaruhi hingga memutuskan untuk tidak mempercayakan lahannya pada agen properti. Namun memang tidak semuanya berlaku demikian. Masih banyak agen property profesional yang benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik.

Tidak enaknya jika menggunakan agen property adalah proses jual beli akan sangat terikat. Itulah yang menyebabkan kebanyakan orang enggan untuk menggunakan agen property untuk membantu menjual property yang dimilikinya.  Sedangkan keuntungan jika ingin menjual sendiri adalah pemilik lahan sama sekali tidak terbebani dengan komisi yang harus dikeluarkan setelah tanah itu laku terjual. Jadi bagi yang tidak terlalu terburu-buru ingin menjual tanahnya, akan dianjurkan tidak menggunakan jasa property. Namun bagi yang terburu-buru agar cepat laku dan siap dengan mengeluarkan biaya jasa komisi maka bisa menggunakan agen property profesional agar bisa membantu lahan yang dimiliki cepat laku dan lebih hemat waktu untuk menjual tanah serta lebih hemat energi.

0 komentar:

Posting Komentar