Berita dan Informasi Terkini

Kamis, 11 April 2019

Cara Mudah Jualan Online di Instagram Dengan Modal Usaha Minim



Berbisnis kini menjadi salah satu kegiatan yang begitu digemari oleh kaum muda. Cukup dengan modal usaha yang seadanya, kini para kaum muda sudah dapat menjalankan bisnis. Bisnis dengan modal yang minim biasanya dilakukan secara online karena tidak membutuhkan penyewaan tempat untuk menjajakan barang dagangan.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, banyak masyarakat yang kini terjun kedunia bisnis sebagai usaha sampingan. Tidak hanya orang tua saja, kini anak sekolah juga banyak yang menggeluti bisnis sebagai uang jajan tambahan. Bisnis yang digeluti pun bermacam-macam, seperti jualan pulsa, jualan donat, jualan gorengan, jualan nasi kuning, jualan baju, dan masih banyak lagi.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Biasanya anak-anak sekolah menawarkan dagangan nya melalui berbagai macam-macam cara. Cara yang pertama yaitu dengan promosi kekelas-kelas pada saat jam istirahat, dan yang kedua adalah promosi melalui akun media sosial. Mereka membuat akun khusus untuk berjualan dengan nama online shop yang menarik. 

Media sosial yang digunakan pun beragam. Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan saat ini. Tak jarang banyak dari para pelaku bisnis yang mempromosikan jualan nya lewat media social ini karena tidak memerlukan modal usaha yang besar.

Di Instagram Anda dapat mengunggah foto dagangan Anda disertai dengan caption yang menarik untuk menarik perhatian netizen Instagram. Selain itu, Anda juga dapat mencantumkan informasi pembayaran pada bio profil.

Meskipun media social dapat dilihat olehs emua orang, namun dagangan Anda belum tentu laris manis. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh jumlah followers yang sedikit, testimoni yang minim, juga strategi promosi yang kurang tepat. 

Followers merupakan orang-orang yang mengikuti akun Anda, sehingga mereka dapat melihat setiap postingan yang diunggah. Jika followers Anda sedikit, maka orang yang melihat dagangan Anda pun sedikit.

Sama halnya dengan testimoni yang minim. Jika Anda jarang mengunggah testimoni pembeli pada akun Instagram Anda, maka tingkat kepercayaan konsumen akan rendah. Testimoni sangat berperan penting dalam strategi penjualan khususnya di media sosial. Testimoni dapat memicu pembeli lain untuk membeli dagangan Anda karena online shop Anda bisa dikatakan trusted atau terpercaya.

Cara Mudah Jualan Online di Instagram

Agar online shop Anda tidak sepi pembeli, maka ikuti langkah-langkah jitu berjualan online di Instagram berikut ini.

1. Perhatikan kualitas foto dan gambar
Instagram merupakan wadah untuk mempublikasikan foto maupun video, sehingga gambar menjadi daya tarik utama untuk menarik calon pembeli. Sebelum Anda mengunggah nya keInstagram, ada baiknya mengatur angle gambar agar terlihat lebih menarik menggunakan aplikasi edit foto. Tambahkan filter jika diperlukan agar member kesan bagus. Instagram telah menyediakan fitur untuk mengedit foto, jadi Anda bisa memilihnya sesuai selera.

Foto atau gambar yang menarik akan menarik perhatian para calon pembeli, karena barang dagangan akan terlihat lebih bagus dan terkesan memiliki kualitas yang oke. Para calon pembeli biasanya akan malas jika melihat gambar yang diunggah asal-asalan. Pastikan Anda mengatur feed Instagram Anda agar terlihat lebih elegan dan classy.

2. Memberikan hashtag “#”
Hashtag berfungsi untuk mengkategorikan suatu barang atau nama yang dapat memudahkan Anda untuk mencarinya. Ketika Anda berniat untuk berjualan di Instagram, maka jangan lupakan hashtag pada caption yang Anda tulis. Misalnya, ketika Anda berjualankerudung, Anda dapat membuat hashtag sesuai dengan kategori barang Anda, seperti #kerudung, #kerudungmurah, #jilbabsyari, #pashminainstan, dan lain-lain yang berhubungan dengan kerudung.

Pastikan Anda membuat hashtag dengan kategori yang paling banyak dicari oleh calon pembeli. Atau untuk menyiasati agar penjualan menjadi lebih laris, Anda bisa menambahkan hashtag dengan mengikuti kejadian yang sedang viral di media sosial. Misalnya, jika pilpres sedang viral, maka tambah kan hashtag #pilpres2019.

3. Mengadakan Give away
Give away merupakan salah satu event yang ditunggu-tunggu oleh calon pembeli. Give away ini adalah salah satu bentuk pemberian hadiah dengan cara diundi. Biasanya, akun-akun online shop melakukan give away dengan beberapa persyaratan, misalnya dengan cara spam like dan tag kebeberapa teman Anda, dan Anda bisa mendapatkan satu buah t-shirt gratis. Give away ini sangat efektif untuk menarik perhatian calon pembeli.

Anda bisa melakukan give away semisal jika followers Anda sudah mencapai 10.000. Umum kan give away ini melalui feed dan instastory agar dapat dilihat oleh banyak orang.

4. Pelayanan yang ramah
Pelayanan juga tidak boleh disepelekan. Meskipun tidak dapat bertatapan muka secara langsung, Anda harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam menerima orderan atau complain. 

Anda juga dituntut untuk sabar dalam melayani pembeli yang cerewet.Hal ini dilakukan agar pembeli puas dengan pelayanan Anda dan menjadi menjadi online shop langganan mereka.

Pelayanan ini dapat Anda lakukan melalui direct message atau jejaring sosial yang telah Anda cantumkan pada profil. Pastikan memiliki akses yang mudah untuk dihubungi agar dapat memudahkan para pembeli, misalnya cukup memberikan link WhatsApp pada bio.
Itulah beberapa tips berjualan online di Instagram. Anda dapat melakukan sistem reseller untuk memudahkan bisnis Anda. Namun jika terkendala modal usaha, Anda bisa mengandalkan tawaran modal dari https://www.cekaja.com/small-business-banking.


1 komentar: