Berita dan Informasi Terkini

Sabtu, 06 April 2019

Catat, Ini Rahasia Kembangkan Omzet Bisnis Bengkel



Salah satu usaha yang paling menguntungkan saat ini adalah bisnis jasa bengkel, baik itu bengkel mobil atau bengkel motor. Seiring berkembangnya zaman, perusahaan pembuat mobil juga terus bertumbuh, ditambah populasi manusia yang juga terus bertambah. Hal itu juga ber imbas dengan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi di kota-kota besar.

Kenyataan ini menjadi motivasi bebagai kalangan untuk memulai bisnis bengkel mobil. alasannya sederhana karena pangsa pasarnya masih sangat besar, karena merawat mobil adalah sebuah kewajiban bagi pemilik mobil tapi masih banyak juga yang tidak punya pengetahuan dibidang otomotif, jadilah bengkel tempat yang dituju.

Biasanya bisnis bengkel memberikan layanan mulai dari, perbaikan, penggantian dan penjualan sparepart, penjualan dan pemasangan aksesoris, modifikasi interior maupun eksterior, car spa, sampai dengan inovasi terbaru berupa Bengkel Online, yang memungkinkan pelanggan memanggil montir kerumah hanya dengan menggunakan aplikasi di smartphonenya.

Usaha bengkel dapat ditemui dimana saja. Persaingan harga menjadi sangat ketat. Dampaknya, keuntungan usaha akan semakin menipis. Keuntungan yang tipis menyebabkan pengembangan usaha pun akan tersendat. Keuntungan yang diperoleh hanya cukup untuk membayar pegawai serta biaya operasional saja.

Omset sangat penting akan keberlangsungan hidup bisnis ini. Jika omset yang didapatkan bagus dan tinggi jangan lupa harus dibarengi dengan laba/keuntungan yang seimbang ya. Agar bisnis bengkel Anda semakin berkembang kearah yang lebih baik.

Nah, bagia anda yang ingin menambah omzet bisnis bengkel, berikut kami berikan rahasianya.

1. Berinovasi Dengan Internet
Anda bisa membuat Aplikasi Bengkel Online, yang memberikan Layanan penjemputan atau perbaikan langsung kerumah pelanggan yang memiliki kesibukan dan tak sempat datang kebengkel, atau pada kasus-kasus tertentu di jalan, karena kendaraan pelanggan yang rusak atau mogok di tengah perjalanan. Ini menjadi target pasar yang lumayan besar jika Anda dapat melihat peluang dan memanfaatkan peluan tersebut.

2. Layanan Terbaik
Pelanggan saat ini semakin pandai, Mereka  lebih memilih membayar sedikit lebih mahal namun hasilnya bagus dari pada murah namun hasilnya jelek. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan kinerja para pegawai. Pastikan para pegawai melayani pelanggan dengan ramah.  Dan pastikan juga jika Anda memiliki peralatan yang memadai dan bisa memberikan kualitas yang maksimal untuk pelanggan. Selain itu, sediakanlah ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan. Seperti sofa, tv, surat kabar, dan minum secara gratis. Agar pelanggan tidak jenuh pada saat menunggu kendaraan mereka di servis.

3. Supplier
Supplier mengambil peranan penting dalam omset usaha servis Anda. Oleh karena itu carilah supplier yang memberikan harga terbaik namun kualitas barangnya bagus. Jika harga yang Anda dapat lebih murah, tentu biaya operasional rendah. Dengan begitu  servis Anda lebih terjangkau dari kompetitor namun kualitas tetap terjamin.

Nah itulah beberapa rahasia untuk menaikkan omzet bisnis bengkel anda, namun memang banyak faktor lain yang bisa membuat omzet anda naik, semisal promosi atau memberikan promo pada pelanggan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

1 komentar:

  1. bisnis yang sangat menjanjikan. trims dan salam sehat selalu! 😎🤞

    BalasHapus