Berita dan Informasi Terkini

Senin, 08 Juli 2019

5 Cara dan Tips Mengajukan Kredit Modal Usaha



Ketika ingin membuka usaha, hal pertama yang mungkin Anda pikirkan adalah bagaimana mendapatkan dana cepat untuk modal. Modal usaha tersebut bisa didapatkan dari tabungan pribadi, menggadaikan barang atau aset, hingga meminjam dana di bank. Meminjam dana di bank bisa menjadi solusi alternatif untuk mendapatkan dana demi membangun usaha yang diinginkan.

Besar atau tidaknya modal tergantung jenis usaha yang akan dibangun.  Bila usaha yang akan dimulai adalah toko kelontong misalnya, maka modalnya akan lebih besar dari pada Anda membangun sebuah usaha jual beli pulsa.  Begitu juga modal usaha katering akan lebih mahal dibanding modal usaha membuat penerbitan yang saat ini bisa mengunakan digital.

Perlu diketahui bahwa mencari modal usaha tidaklah sesulit beberapa tahun yang lalu yang hanya melalui jalur konvensional seperti bank.  Kini banyak cara untuk memperoleh modal usaha yang lebih kreatif. Misalnya lewat lembaga multifinance bahkan sudah ada financial technologi yang memudahkan Anda dalam hal meminjam dana cepat secara online. Meski demikian, Anda harus tetap mengikuti syarat, tips, dan cara mengajukan kredit modal usaha seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

Tips Mengajukan Kredit Modal Usaha

Salah satu cara yang paling banyak digunakan para pengusaha muda dengan bisnis skala kecil hingga sedang, adalah dengan mengajukan Kredit Pinjaman Modal Usaha ke bank. Meminjam modal ke bank memang lebih terpercaya dan terjamin. Semua perjanjian pun tertulis, hitam di atas putih. Pilihan kredit yang ditawarkan juga bervariasi. Anda bisa memilih kredit yang sesuai dengan kemampuan dalam mencicil pembayaran, juga sesuai besaran modal yang dibutuhkan untuk memulai atau mengembangkan usaha.

Satu lagi, dengan meminjam modal ke bank, kemungkinan ditipu atau berselisih paham pun lebih kecil dibandingkan ketika meminjam modal perseorangan. Sebelum berbicara lebih jauh mengenai kredit modal usaha, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu hal yang mesti dipertimbangkan dan tata cara mengajukan kredit modal usaha yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Pemilihan Usaha
Untuk mengambil hati bank yang menjadi sasaran, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kejelasan Anda dalam memilih usaha. Pilih usaha yang menjadi keahlian Anda atau yang sedang populer di pasaran. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi bank untuk menyetujui pinjaman modal.

Usaha di bidang fashion, kuliner, kerajinan tangan, hingga start-up di bidang ticketing yang sangat anak mudabisa menjadi pilihan. Nilai plus akan diberikan bank jika Anda sudah pernah menggeluti bidang usaha tersebut sebelumnya, atau punya track record kesuksesan usaha yang menjanjikan.

Pilih usaha yang realistis dan pastikan usaha ini juga cukup fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Tren gampang berubah. Ini bisa jadi kesempatan sekaligus jebakan bagi anak-anak muda yang memulai usaha berdasarkan tren sesaat. Tak heran, banyak pengusaha musiman yang gugur begitu saja saat tren mulai beralih.

2. Persiapkan Berkas Identitas Diri
Persyaratan umum dan wajib dipenuhi ketika ingin mengajukan dana cepat melalui pinjaman adalah fotokopi KTP. Hal ini dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan dalam bentuk pengajuan apa pun, termasuk meminjam dana di bank.Identitas diri ini harus sesuai dengan alamat tinggal saat ini. 

Jika berbeda, Anda harus mencantumkan surat keterangan dari pihak kelurahan yang ada di wilayah Anda. Jika sudah menikah, perlu cantumkan KTP Anda beserta istri/suami sehingga nantinya pihak bank mengetahui jika pengajuan tersebut memang diketahui kedua belah pihak.

3. Lakukan Perhitungan Modal Dengan Matang
Jika sudah menentukan skala usaha, Anda tinggal melakukan perhitungan modal dengan matang. Tulis secara rinci, apa saja yang Anda butuhkan untuk membuka usaha, mulai dari biaya membeli bahan baku, biaya operasional, biaya gaji pegawai, dan lain sebagainya.Dengan membuat perhitungan modal yang matang, maka Anda bisa mengetahui berapa jumlah pasti modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha.

Selain melakukan perhitungan modal, Anda juga harus melakukan perhitungan cicilan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Anda bisa membuat target penjualan per bulannya sehingga pembayaran cicilan per bulan bisa dibayar tepat waktu.

4. Siapkan Fotokopi Buku Tabungan
Buku tabungan ini nantinya akan memperlihatkan kondisi finansial Anda. Biasanya yang diperlukan adalah mutasi buku tabungan dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Dengan begitu, nantinya kemampuan finansial Anda dapat terlihat dengan jelas.Besaran saldo yang ada dalam rekening tabungan nantinya dapat menandakan kesanggupan Anda dalam mengganti pinjaman yang sudah diajukan ke pihak bank. Hal ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi saat akan mengajukan pinjaman modal usaha di bank.

5. Pilih Penyedia Pinjaman Terpercaya
Terakhir adalah memilih penyedia pinjamandana cepat yang terpercaya. Penting untuk mengetahui apakah penyedia pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang Anda pilih bisa dipercaya atau tidak meskipun itu bank. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti resiko terhadap penipuan.Untuk mengetahuinya, cek keberadaan kantor resmi penyedia pinjaman. 

Nah, demikianlah beberapa tips dan cara dalam mengajukan dana cepat https://www.cekaja.com/kredit untuk kredit modal usaha ke bank maupun ke lembaga keuangan lainnya, baik online maupun offline. Kunci utamanya persiapkan persyaratan yang diminta agar segera diproses dan dana segera masuk ke dalam rekening Anda. 

1 komentar: