Berita dan Informasi Terkini

Kamis, 17 Oktober 2019

Syarat Dan Cara mendaftar BPJS Onliner 2019 Dan Persyaratannya



Kesehatan merupakan hal yang penting untuk semua umat manusia. Maka dari itu pemerintah sendiri menyediakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau yang mempunyai singkatan BPJS kesehatan, yang akan menjamin kesehatan seluruh rakyat Indonesia. Program asuransi kesehatan ini telah berjalan sejak tahun 2014. Yang dinaungi oleh BUMN. Makanya Biaya BPJS tergolong lebih murah dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya, Hal ini tidak lepas dari janji pemerintah Indonesia untuk memberikan jaminan kesehatan bagi semua warganya. Selain itu, pemerintahan Indonesia juga meluncurkan KIS (kartu Indonesia Sehat) yang memberikan jaminan kesehatan untuk warga yang kurang mampu yang tidak memerlukan iuran sepeserpun. Seiring dengan berjalan nya waktu saat ini mendaftar BPJS bisa secara online. Bahkan saat ini BPJS juga dilengkapi dengan aplikasi. dibawah ini aka nada syarat dan cara daftar bpjs online

Syarat mendaftar BPJS Kesehatan 

Ada dua cara mendaftar BPJS kesehatan, yaitu secara online atau secara lasngsung. Namun sebelum melakukan proses pendaftaran, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu dan diantaranya adalah. 

  1. Kartu identitas yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, dan Paspor
  2. Kartu Keluarga (KK) terbaru yang akan diikutsertakan sebagai peserta BPJS kesehatan
  3. Untuk anda pasangan yang menikah harus menyiapkan buku nikah
  4. Fotocpi buku tabungan sebagai penanggung biaya
  5. Pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar

Dokumen yang tertera diatas lebih dikhususkan untuk mendaftar BPJS kesehatan secara offline dengan datang langsung ke kantor BPJS di masing-masing daerah. Sedangakan cara mendaftar BPJS online sebenarnya lebih simple dan mudah karena semuanya dilakukan secara digital dengan sistem online yang lebih praktis dan juga modern. 

Cara Mendaftar BPJS Online 

Hadirnya layanan BPJS online sangat membatu mempermudah masyarakat Indonesia untuk menjadi peserta BPS kesehatan tanpa perlu mengantir berlama-lama dikantor cabang BPJS kesehatan masing masing daerah. Kita hanyta perlu duduk di depan laptop ataupun PC bahkan smatphone. Lalu mambayar biaya pendaftaran memlalui Payment Point Online Bank (PPOB). Nah untuk anda yang belum tahu cara mendaftar BPJS online perlu disimak dibawah ini. 

  1. Cara mendaftar BPSJ Onliner yang pertama adalah mengunjungi websiter resmi BPJS.
  2. Setalah anda masuk ke dalam website resmi BPJS, selanjutnya anda tinggal memilih menu “Layanan” lalu klik “Pendaftaran Peserta”. Setelah itu akan muncul halaman pendaftaran peserta yang berisi mengenai syarat dan ketentuan dalam mendaftar BPJS Online
  3. Silahkan baca dengan seksama semua syarat dan ketentuan yang diberikan, lalu klik tanda caang yang bertulisak “saya menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftara BPJS kesehatan”
  4. Lalu klik tombol “pendaftaran” pada pojok kanan bawah.
  5. Kemudian halaman akan berpindah User manual pendaftaran. Padahal halam tersebut kita akan diarahkan untuk memilih jenis kepersetaan yang terdiri dari pekerja Bukan penerima Upah dan bukan Pekerja. Silahkan pilih salah satunya sesuai kebutuhan, lalu sisikan nomer KK dan masukan kode captcha sesuai gambar yang muncul. Setelah itu tinggal klik “Inquery Kartu keluarga”
  6. Lalu anda form menganai Nomer HP, NPWP dan cari kelurahan dengan menekan tombol pencarian
  7. Setelah itu pilih Faskes.
  8. Lalu perintah mengirimkan photo
  9. Konfirmasi Email
  10. Setelah email dibuka aka nada URL aktivasiu, lalu klik URL tersebut dean anda akan mendaptakan nomer Virtual Account (VA)

Lalu tinggal melakukan pembayaran di Bank yang sudah ditujukan oleh BPJS. Dan cetak kartu bisa sendiri atau oleh kantor bPJS. 

1 komentar: