Berita Terkini

Jumat, 14 Februari 2020

7 Kiat Merawat Mobil Pada Musim Hujan



Memasuki musim hujan, semua pengguna alat transportasi apapun digadang-gadang untuk selalu waspada. Hal ini karena pada musim ini cuaca menjadi sulit ditebak dan bukan tidak mungkin akan membahayakan perjalanan. Tidak terkecuali bagi Anda yang memiliki mobil yang tidak harus berhati-hati saat berkendara, namun juga perlu melakukan perawatan ekstra pada mobil. Ya, jangan sampai mobil Anda rusak karena terlalu sering terkena hujan. Apalagi harga Nissan Serena bisa dibilang lumayan. Jadi sayang jika mobil tidak dirawat.

Merawat Mobil Ketika Musim Hujan

Pada musim hujan seperti ini mobil akan lebih mudah kotor akibat terkena air hujan maupun terkena cipratan genangan air di jalanan. Agar mobil tetap mulus, Anda bisa menerapkan tips-tips di bawah ini.

1. Tidak menunggu air hujan mengering
Jika air hujan sudah mengering akan sangat beresiko terjadinya kerusakan cat pada mobil Anda. Tidak hanya itu, air hujan bisa menyebabkan adanya jamur di kaca mobil jika dibiarkan terlalu lama. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk langsung membersihkan mobil setelah mobil kehujanan. Bersihkan dengan shampo khusus untuk mencuci mobil, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Cuci mobil secara rutin
Mungkin bagi beberapa orang mencuci mobil pada saat musim hujan menjadi hal yang sia-sia. Akan tetapi perlu diketahui bahwa air hujan mengandung garam yang bisa merusak cat mobil. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan semakin menumpuk dan dapat menyebabkan susah dibersihkan hingga berkarat. Untuk itu perlu untuk Anda selalu rajin mencuci mobil setidaknya dua kali dalam seminggu.

3. Periksa komponen mesin mobil Anda
Tidak hanya harus memperhatikan tampilan luar mobil, Anda juga perlu memeriksa bagian mesin mobil. Air akan cepat meresap ke dalam mesin melalui celah yang ada. 

Apabila mendapati air pada mesin, segera lap dengan kain kering. Pastikan kondisi mesin mobil Anda selalu baik dan tidak mengalami gangguan karena air hujan. Apalagi bagian mesin ini merupakan komponen inti dari mobil. Jangan biarkan mobil menjadi rusak akibat kondisi mesin yang diabaikan. Belum lagi harga Nissan Serena masih stabil, jika budget belum cukup, tentu Anda harus menabung untuk bisa beli mobil baru.

4. Menyemprotkan cairan silikon
Air hujan tidak hanya mempengaruhi bagian eksterior mobil Anda saja, interior mobil juga bisa mengalami gangguan pada saat terkena air hujan. Kaca dan karet yang ada di mobil Anda juga akan cepat rusak jika terlalu sering terkena air hujan. Untuk itu perlu bagi Anda untuk menyemprotkan cairan silikon agar bisa lebih awet.

5. Gunakan karpet untuk mencegah jamur
Pada saat musim hujan seperti ini Anda sebaiknya menggunakan karpet di dalam mobil. Dengan adanya tambahan karpet pada lantai mobil, ini akan mengurangi risiko mobil menjadi kotor karena terkena alas kaki Anda yang basah dan kotor. Paling tidak ketika karpet ini kotor, Anda cukup mengeluarkannya, membersihkannya dan mengeringkannya.

6. Dengan selalu mengecek kejernihan kaca depan mobil
Selain hal di atas, Anda juga harus memastikan kaca mobil selalu dalam keadaan jernih. Hal ini agar tidak mengganggu pandangan Anda pada saat menyetir. Anda bisa menggunakan wiper fluid untuk merawat kaca mobil Anda. Terkesan remeh, tapi ini sangat krusial demi keamanan saat berkendara.

7. Memarkirkan mobil ditempat yang teduh
Setelah mencuci dan membersihkan mobil parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh. Hal ini untuk mencegah agar mobil yang sudah dibersihkan tidak kotor lagi karena terkena air hujan. Anda juga menggunakan cover mobil untuk menutupi mobil jika  harus diparkirkan di tempat terbuka.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk perawatan mobil pada saat musim hujan. Selalu ingat bahwa harga Nissan Serena tidaklah murah, sehingga memberikan perawatan terbaik adalah keharusan.

0 komentar:

Posting Komentar