Berita Terkini

Selasa, 24 Maret 2020

Ini Dia Beberapa Kondisi Kesehatan yang Bisa Menjadi Penyebab Sering Mimpi Buruk



Mengalami mimpi ketika sedang tidur umumnya pernah dialami oleh semua orang dari berbagai kalangan usia. Untuk mimpi yang indah ketika tidur tentu tidak akan menimbulkan rasa khawatir. Namun berbeda soal jika mimpi tidur yang dialami adalah mimpi buruk. Dimana tak jarang mimpi-mimpi menakutkan ketika tidur ini bisa membuat kita harus terjaga dan diliputi dengan rasa cemas, takut, dan tertekan. Meskipun kebanyakan orang yang mengalami mimpi menakutkan adalah anak kecil berusia 3-6 tahun, namun tak jarang juga orang-orang dewasa yang juga masih kerap mengalaminya.

Mengalami mimpi menakutkan tentunya masih bisa dikatakan wajar jika hanya terjadi dalam frekuensi yang dikatakan jarang-jarang. Namun jika malam-malam Anda selalu dihiasi dengan mimpi menakutkan dan terus berulang setiap harinya, maka perlu diperhatikan dengan serius. Selain bisa mengganggu kualitas tidur Anda, hal ini juga bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan Anda berada pada tahap yang kurang bagus. Bahkan bisa jadi kondisi kesehatan Anda berada di kategori serius.

Mengalami mimpi menakutkan terus-menerus tentunya juga turut mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. Beberapa dampak yang bisa ditimbulkan, antara lain:

  • Rasa mengantuk di siang hari, sehingga menyebabkan konsentrasi dan produktivitas menurun.
  • Suasana hati yang mudah berubah (mood swing) karena kualitas tidur yang terganggu.
  • Mengalami kesulitan atau rasa takut untuk tidur karena tidak ingin mengalami mimpi menakutkan lagi.
  • Pada beberapa kasus bisa menyebabkan depresi dan menginginkan mengakhiri hidup.

Oleh karena itulah, jika Anda sering mengalami kondisi mimpi menakutkan terus-menerus dan cukup mengganggu kehidupan Anda sehari-hari, sebaiknya cari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Karena ternyata mengalami mimpi menakutkan secara berulang-ulang bisa menjadi pertanda Anda terkena suatu penyakit atau kondisi kesehatan bermasalah, seperti:

1. Narkolepsi.
Gangguan kesehatan yang satu ini merupakan jenis gangguan tidur kronis. Penyakit ini terjadi karena adanya kelainan saraf otak, seseorang yang menderita narkolepsi bisa tiba-tiba tertidur pada waktu dan tempat yang tidak seharusnya. Penderita biasanya juga bisa mengalami halusinasi seperti mimpi dan kelumpuhan saat sedang tertidur maupun terbangun, serta bisa mengganggu tidur pada malam hari dan mengalami mimpi menakutkan.

2. Depresi.
Depresi yang diderita seseorang bisa dikarenakan efek samping penyakit serius lainnya. Dampak depresi itu sendiri bisa mempengaruhi suasana hati, perasaan, selera makan, stamina, konsentrasi, hingga pola tidur. Depresi ini jugalah yang bisa menjadi pemicu sering mengalami mimpi menakutkan ketika sedang tidur. 

3. Sleep apnea.
Sleep apnea bisa mengganggu kualitas tidur penderitanya karena saat tidur bisa mengalami penyumbatan sebagian maupun sepenuhnya yang menyebabkan aliran oksigen segar yang menuju ke otak tidak tercukupi. Hal ini membuat penderitanya sering tersedak atau tercekik kehabisan napas, dan jika tubuh bereaksi bisa menyebabkan kematian. Respons tubuh pada apnea biasanya juga berupa jantung berdetak lebih kencang, napas terengah-engah, dan rasa panik. Kondisi ini juga bisa memicu penderitanya mengalami mimpi menakutkan.

4. Sakau minuman beralkohol ataupun obat-obatan.
Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa merusak fungsi otak dan efek sampingnya adalah sebelum bisa benar-benar terlelap bisa melompat ke tahap tidur alam mimpi.

5. Sindrom mimpi buruk.
Jika tidak menemukan penyebab pasti kenapa mengalami mimpi menakutkan terus-menerus, hal ini bisa jadi karena Anda mengalami gejala gangguan tidur yang berbeda, seperti sindrom ini atau yang dikenal juga dengan nama “dream anxiety disorder. Karena ciri-ciri sindrom ini adalah mengalami mimpi menakutkan tanpa sebab.

0 komentar:

Posting Komentar