Berita dan Informasi Terkini

Rabu, 16 September 2020

4 Penyebab Motor Boros BBM yang Tidak Boleh Anda Abaikan



Ketika banyak masyarakat yang WFH, jasa ojek online seringkali diandalkan untuk mengantarkan pesanan. Meski begitu, mereka juga harus memutar otak agar pengeluaran bisa ditekan seminimal mungkin. Termasuk menekan biaya BBM untuk motor. Tidak sedikit yang kemudian memanfaatkan Voucher Shell untuk membeli BBM Shell karena dinilai lebih menguntungkan.

Memang pada masa pandemi ini semua kalangan merasakan dampaknya. Penghasilan berkurang drastis karena terbatasnya ruang gerak mengingat masyarakat dihimbau untuk berada di rumah agar rantai penyebaran virus bisa dihentikan. Tidak terkecuali para driver ojek online yang mau tidak mau harus tetap bekerja untuk bisa menyambung hidup. 

Penyebab Motor Boros BBM

Terlepas dari penggunaan BBM Shell, kira-kira apa saja yang membuat motor Anda menjadi boros BBM? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Ada masalah pada sistem pengapian
Perlu diketahui bahwa sistem pengapian pada motor berpengaruh pada busi. Ketika api busi mengecil, ini akan membuat pembakaran terganggu sehingga mesin tidak setangguh sebelumnya.

Alhasil Anda sebagai pengemudi harus menarik gas dengan kencang supaya motor lebih bertenaga. Kondisi inilah yang kemudian membuat motor Anda lebih boros BBM.

2. Filter udara kotor
Komponen-komponen pada motor juga bisa mengalami kerusakan, apalagi jika selama ini Anda tidak rutin melakukan servis. Selain harus rutin servis, komponen motor seperti bagian filter juga harus dijaga kebersihannya. Kotoran yang tidak segera dibersihkan akan menumpuk pada bagian filter sehingga membuat aliran udara menjadi terhambat.

Kondisi tersebut membuat piston mengalami kevakuman dan bensin lebih cepat tersedot. Akhirnya bensin akan cepat habis. Jika Anda sering kehabisan bensin dan kebetulan tidak membawa uang cash, Anda bisa memanfaatkan voucher Shell yang Anda miliki.

3. Rantai mengendur
Apabila rantai motor Anda tidak terpasang sebagaimana mestinya, terlebih ketika rantai mengendur, hal ini akan membuat tarikan ke roda lebih berat. Pada kondisi ini mesin motor harus bekerja lebih keras supaya motor tetap melaju. Mesin yang dipaksa bekerja dua kali lipat ini tentu saja berpengaruh pada penggunaan BBM.

Oleh karena itu rajinlah untuk melakukan servis agar komponen-komponen motor terawat dan tidak menimbulkan masalah baru pada motor Anda. Kendurnya rantai motor mungkin terkesan sepele, padahal kendurnya rantai tersebut bisa membuat Anda harus lebih sering mengisi BBM karena motor jadi boros bensin.

4. Bensin menguap
BBM adalah salah satu zat yang bisa dengan mudah mengalami penguapan. Inilah mengapa bensin harus disimpan di tempat yang tertutup rapat. Begitu juga pada tangki motor Anda, pastikan tangki motor tertutup dengan rapat dan tutup tangki masih berfungsi dengan baik. 

Sebab jika tangki motor tidak tertutup rapat, ini akan membuat bensin menguap. Tutup tangki yang rusak juga memungkinkan bensin merembes keluar sehingga BBM terbuang sia-sia, dan tentu saja ini membuat Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya.

Demikianlah beberapa penyebab motor Anda menjadi boros BBM. Sebenarnya masih ada penyebab lainnya, namun beberapa poin di atas juga penting untuk dijadikan perhatian. Meski Anda memiliki banyak voucher Shell untuk membeli BBM, bukan berarti Anda bebas mengabaikan permasalahan boros BBM pada motor Anda. Apalagi jika motor tersebut Anda gunakan untuk bekerja sebagai ojek online, dimana Anda harus bolak-balik menggunakan motor untuk mengantar penumpang atau mengirimkan pesanan.

Buatlah jadwal rutin untuk melakukan servis motor. Atau setidaknya, rajin-rajinlah merawat motor Anda. Bisa dengan membersihkan komponen motor yang berdebu atau mencuci motor setiap beberapa hari sekali. Dengan begitu motor akan tetap dalam kondisi prima.

0 komentar:

Posting Komentar